Pelayanan Perpustakaan Keliling

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

Jakarta, 02 April 2009

Jakarta-ykai.net, hari ini Perpustakaan Keliling YKAI yang didukung oleh Allianz melakukan pelayanan di wilayah Mapar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Lokasi ini merupakan lokasi komunitas yang dikunjungi oleh Perpustakaan Keliling YKAI dalam 2 minggu sekali.(1/4)

Banyak anak-anak disana yang memanfaatkan kehadiran Perpustakaan Keliling sebagai sarana membaca dan belajar tentang apa saja dari buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan. Anak-anak yang memanfaatkan fasilitas ini rata-rata masih duduk di kelas 2 Sekolah Dasar, seperti hari ini ada sekitar 26 anak 20 diantaranya kelas 2 SD dan mereka sudah pandai membaca.  

Dalam setiap melakukan aktivitas pelayanan, perpustakaan keliling di dampingi oleh 2 orang petugas yang melayani selama dilapangan.  

Saat ini Perpustakaan Keliling YKAI yang berada di Jakarta melayani 5 wilayah yaitu, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. Selain di lokasi komunitas perpustakaan ini juga melakukan pelayanan di sekolah-sekolah di 5 wilayah tersebut. Sekolah yang mendapatkan pelayanan Perpustakaan Keliling adalah sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas perpustakaan sendiri. Sedangkan kalau di lokasi komunitas biasanya lokasi yang dikunjungi adalah wilayah yang padat penduduknya dan kurang mendapat akses informasi yang cukup. 

Untuk meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Keliling ini YKAI menerima voulentir bagi perorangan yang ingin mengabdikan dirinya untuk anak-anak Indonesia yang memang masih membutuhkan akses informasi dan diharapkan perpustakaan ini dapat membantu meningkatkan minat baca anak dan dapat menambah pengetahuan anak-anak dalam berbagai hal.(TR)