Jakarta Pusat Menuju Kota Layak Anak

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

Jakarta, 28 Maret 2012

Jakarta-ykai.net, Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Jakarta Pusat menyelenggarakan rapat koordinasi untuk menyusun Rencana Aksi Kota menuju Kota Layak Anak (KLA). Koordinasi diadakan di Hotel Grand Menteng Jakarta Pusat yang diikuti oleh wakil Sudin, Camat, Lurah, dan Masyarakat peduli anak. (19/03)

 

Asep Syarifudin-Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi DKI Jakarta dalam sambutanya menekankan komitmen pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha untuk saling bahu membahu mewujudkan Jakarta Pusat sebagai Kota Layak Anak. Selain itu Asep memastikan bagi kelurahan yang menjadi ujicoba memiliki pojok ASI, tempat bermain anak, kegiatan budaya, dan mendahulukan kepentingan anak.

 

Hamid Patilima dari YKAI yang dalam hal ini sebagai Tim Ahli Pengembangan KLA menyampaikan, ada 31 indikator untuk menuju Kota Layak Anak sebagaimana yang teruang dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2012 tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak. Hamid juga menjelaskan secara rinci indikator Kota Layak Anak yang dapat diimplementasikan di tingkat kelurahan.

 

Sementara itu perwakilan dari Kantor Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Pusat  menyampaikan, dalam visi RPJMD 2007-2012,  “Jakarta yang nyaman dan sejahtera untuk semua: artinya Jakarta yang nyaman bermakna terciptanya rasa aman, tertib, tentram, dan aman; Jakarta yang sejahtera bermaka terwujudnya derajat kehidupan penduduk Jakarta yang sehat, layak dan manusiawi termasuk anak.

 

Diharapkan rakor ini dapat menyatukan visi dan misi dari berbagai unsur terkait untuk mewujudkan Jakarta Menuju Kota Layak Anak.