Selamat Datang di Web YKAI

CAT: ANAK INDONESIA PASCA SEPULUH TAHUN LAHIRNYA UU PERLINDUNGAN ANAK

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

Di tengah-tengan hari libur dalam rangka natal 2012, jari-jari saya sibuk bekerja melalui jejaring sosial (BB Group = Blackberry Messanger Group) terkait berita adanya anak autis yang ditemukan di daerah Jakarta Selatan yang akhirnya dibawa ke Yayasan Sayap Ibu. Dari satu BBG ke BBG lain, terlihat bahwa banyak pihak yang mencoba membantu menangani, sehingga dalam beberapa jam saja sudah diketahui orang tua anak tersebut. Sangat melegakan. Itulah kekuatan jejaring sosial!

Dua hari kemudian, saya bersedih lagi, karena ternyata kasus belum tuntas. Seorang teman, aktivis di bidang anak autis bertanya tentang keberadaan tempat penampungan bagi anak autis tersebut, karena ternyata ibu si anak tersebut, yang seorang janda, menolak untuk membawa pulang anaknya, dengan alasan tidak sanggup lagi memeliharanya. 

Selanjutnya: CAT: ANAK INDONESIA PASCA SEPULUH TAHUN LAHIRNYA UU PERLINDUNGAN ANAK

 

Musri Pujiati’s Journey

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

 

Aku sekolah di SMK Setiabudhi Semarang, umur q 16 tahun saat itu. Banyak sekali pengalaman yang aq dapatkan ketika bersekolah di SMK. Saat aq duduk di kelas satu aq tidak lolos beasiswa YKAI-COLRUYT Belgia…… wah perasaan q campur aduk saat itu, sedih juga kecewa. Mungkin belum saatnya saja….. mulai saat itu aq giat belajar, rajin berangkat ke sekolah, mengerjakan semua tugas yang diberikan bapak ibu guru tentu saja, aq sangat menikmatinya. Enaknya jadi anak rajin…………^_^. 

Selanjutnya: Musri Pujiati’s Journey

 

Diary Musri Pujiati in Belgium

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

 

October,7  2012 Sunday

We arrived at Brussels airport at 07.40, if l didn’t forget. Much of things that make us different from the situation of the airport, the weather its cold for us. We walked at arrival places…… waw Mrs. Casterman wait us at there. Its make us happy ………… in fact not only Mrs Casterman that at there but also our host family at there.

Selanjutnya: Diary Musri Pujiati in Belgium

   

Program Partisipasi Anak

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

 

Memberi ruang kepada anak untuk berorganisasi, berpendapat dan bercerita dapat dilakukan dengan berbagai media yang kreatif. Keleluasaan yang menyenangkan dan bertanggung jawab untuk anak adalah proses penting untuk pemenuhan HAK ANAK. Banyak media kreatif yang bisa digunakan untuk menyalurkan pendapat dan kretifitas  anak. Media tersebut dapat berupa gambar, teater dan tulisan  yang memikat dan menyenangkan untuk anak.

Selanjutnya: Program Partisipasi Anak

 

Peningkatan Kapasitas Fasilitator Anak

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

 

Sebagai tindak lanjut dan rekomendasi dari Workshop yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 September 2012, Swara Nusa Institute mengadakan kegiatan Training of Trainer  yang bertujuan untuk ; (1)  Meningkatkan kapasitas para guru SD dan pendamping/fasillitator anak di tingkat Komunitas terkait Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana ; (2) Memberikan pemahaman dan pengetahuan praktis terkait.

Selanjutnya: Peningkatan Kapasitas Fasilitator Anak

   

Halaman 10 dari 118